Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Media Islam Online Dinilai Makin Memiliki Pengaruh


Hidayatullah.com--Direktur The Community Of Islamic Ideological Analyst (CIIA), Harist Abu Ulya menilai saat ini media-media Islam telah cukup memiliki pengaruh di kalangan aktivis dan umat Islam. 

Menurut Harist, masyarakat saat ini memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap media Islam, khususnya media Islam online yang kini tumbuh subur. Semua itu, menurutnya, karena umat Islam butuh pembanding dan dibutuhkan sifat kritis di masyarakat.Terutama terhadap berita-berita yang selalu menyudutkan Islam.

"Suka atau tidak beberapa tahun yang akan datang media Islam online akan menjadi rujukan masyarakat dibanding televisi," jelas Harist kepada hidayatullah.com, Rabu (14/11/2012) menanggapi makin maraknya media-media Islam online.

Harist juga melihat beberapa fakta betapa media Islam online yang dinilai cukup memiliki pengaruh dari media televisi. Salah satunya dari kasus batalnya konser Lady Gaga dan penolakan umat terhadap kehadiran tokoh lesbian, Irshad Manji.

Meski kedua tokoh itu dinilai banyak diangkat dan dipopulerkan televisi, namun kedua kasus di atas justru mendapat perlawanan masyarakat, justru ketika diangkat oleh media Islam online. 
Melihat kasus itu, bagaimanapun, menurutnya, media-media Islam mulai menjadi barometer untuk mencarisecond opinion terhadap pemberitaan televisi yang selama ini dikeluhkan kalangan Muslim banyak merugikan Islam.
"Termasuk situs hidayatullah.com, yang menurut saya menjadi bagian dari informasi penting umat yang tidak ditemukan di televis," tambahnya.

Karena itu, Harist berharap media Islam harus lebih berbenah dan lebih mawas diri dan kemungkinan “serangan-serangan” pihak yang tak berkenan.
Ia juga menyarankan agar media-media Islam online harus semakin baik dan memikirkan system pertahanan IT yang lebih baik dan lebih kuat.

"Ketika opini tidak mampu melawan opini, segala cara akan menjadi halal untuk menghancurkan Islam. Kita harus siap dengan semua kemungkinan terburuk itu," tambahnya lagi.*
 
Copyright © -2012 KAMPOENG ATJEH All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks